Saturday, September 20, 2014

Tips & Trick untuk pemula memelihara Tarantula

bingung ingin memulai memelihara tarantula yang sesuai dengan diri anda? ingin warna yang menarik? atau memiliki panjang rentan kaki lebih dari 20cm? tapi anda masih pemula dalam hobby Tarantula? akan saya pandu hingga anda menemukan spesies yang cocok untuk pemula sebelum pembahasan lebih lanjut.. mari kita baca pertanyaan pertanyaan umum seputar tarantula
F.A.Q
U: tarantula itu beracun ga sih?
S: semua jenis tarantula beracun, kalo ga punya racun gimana melumpuhkan mangsanya?

U: terus efek dari gigitannya itu gimana?
S: kalo efek tergantung jenisnya apa dulu.. ada yang high venom, middle, low venom. biasanya tergantung anti body kita, kondisi tubuh. perlu di ingat ya, "belom ada kasus orang meninggal karena gigitan tarantula" jika terkena low venom rasanya seperti di sengat lebah. keram otot, nyeri pada pusat gigitan. berlangsung 1 - 2 hari, lain lagi jika sudah masuk kelas middle & high venom. rasa sakit juga tergantung ukuran tarantulanya. semakin besar berarti semakin besar pula taringnya.

U: apa pemeliharaan tarantula perlu penanganan khusus?
S: sejauh ini menurut saya tidak, mereka tidak seperti mamalia. tarantula termasuk low maintenance jadi cocok sekali untuk anda yang sibuk dengan kerjaan atau aktifitas lainnya.

U: berapa hari sekali makan dan apa yang biasa tarantula makan?
S: di alam liar aslinya. tarantula cenderung sangat sulit mendapatkan makan. bisa 2 minggu sekali, seminggu sekali. normalnya seminggu sekali pemberian makan. paling cepat 3 hari sekali. dan di sesuaikan pemberian makan tidak lebih besar dari tarantula untuk menghindari power feed. makanan cukup banyak pilihan. dari yang kandungan gizinya biasa aja hingga yang tinggi. kalo dari urutannya ulat hongkong/jerman -> jangkrik -> kecoa madagaskar -> blatica dubia dari segi makanan ada kekurangan kelebihannya.. saran saya untuk tidak memberi makan tarantula kecoa madagskar yang sudah adult.. karena sangat keras tempurung kecoanya. dikhawatirkan taring tarantula bisa patah.

U: apa tarantula boleh diberi makan selain itu? seperti tikus atau katak
S: sangat tidak dianjurkan tikus mengandung sangat banyak kalsium. tarantula tidak terlalu butuh kalsium, beri pakan yang sudah umum & tidak perlu mencoba memberi makan aneh aneh, akan berdampak pada tarantula jangka waktu yang cukup lama. bisa saja saat proses molting akan gagal molting. kasus tarantula nyangkut pada kulit lamanya

U: mengapa tarantula ga boleh dikasih makanan asal seperti kecoa rumahan? di alam liar kan mereka bebas & ga tentu makanannya.
S: kekebalan tubuh tarantula yang lahir di penangkaran & alam liar pun beda, kita gatau kuman & bakteri apa saja yang hinggap di mangsanya itu. ibarat orang jajan sembarangan yang belom tentu kebersihan makanannya. lagi pula makanan jangkrik harganya murah kok, belom tentu 2 ribu abis buat 3 hari kan? beda lagi kalo koleksinya banyak..

U: media apa aja yang cocok buat tarantula?
S: bisa media apa aja, yang penting bisa menyerap kelembaban yang cukup. biasanya saya menggunakan cocopeat. kenapa harus cocopeat? selain mudah didapat, harga yang terjangkau, tidak kasar dan mudah digali untuk type burrow. (diharapkan kandungan media tidak tercampur oleh pupuk apapun karena berpengaruh ke tarantulanya sendiri)

U: jenis jenis tarantula dibediannya gimana ya?
S: ada 3 tipe, burrow, terrestrial, arboreal. new world & old world burrow adalah tarantula yang hidup didalam tanah, biasanya mereka akan membuat lubang dan menutupi lubang atau area sekitar lubang dengan jaring mereka, untuk mendeteksi pergerakan mangsa atau predator lain. terrestrial lebih cenderung berada di permukaan terkadang juga tinggal di liang jika malam mereka biasanya aktif.. arboreal mereka tipe pemanjat. paling seneng nangkring di dahan pohon. yang membedakan menjadi old world & new world daerah penemuan tarantula itu sendiri. new world berada di amerika utara sampai amerika selatan, kalo old world kebanyakan daerah asia. afrika, australia.

U: apa yang membedakan mereka old world & new world?
S: kalo dilihat dari pertahanan mereka, new world punya 'urticating hair' jika mereka merasa terganggu atau terusik. mereka akan menggaruk garrukan abdomen bagian atas mereka untuk melepaskan rambut rambut halus. perlu di ingat, rambut ini bukan rambut biasa, jika terkena kulit secara langsung akan menjadi iritasi dan berlangsung 1 - 2 hari. namun berbeda dengan old world, pertahanan mereka hanya 'menggigit' tapi jika mereka sangat terganggu dan sudah terpojok baru mereka akan mempertahankan diri. kaki depan akan dinaikkan dan memamerkan taring mereka. racun old word lebih tinggi dari new world. dan juga kecepatan jauh lebih cepat old world.




Referensi foto dari google. Letak Urticating Hair
U: aksesoris apa aja yang bisa digunakan untuk media tarantula?
S: banyak variasinya ada corkbark, kayu bakau, potongan kayu, batu batuan, arang bakar, tanaman plastik. jangan asal pemberian kayu yang berserakan di jalan atau hunting di kebun/hutan.. karena kita gatau parasit yang ada di kayu tersebut. sebelum menggunakan bisa bakar/rebus/oven kayu terlebih dahulu untuk mematikan telur kutu/kutu.

U: penanganan apa saja jika tarantula mau molting hingga selesai molting?
S: jangan sering di ganggu & sering dilihat. selama pre molt hingga molting tubuh tarantula masih lunak, jangan diberi makan dulu walaupun sudah molting, tunggu 3 hari sampai seminggu setelah molting baru coba beri makanan mati.

U: jika kaki tarantula putus apa bakal tumbuh lagi?
S: iya, ada beberapa tahapnya juga. kalo masih ukuran sling bisa 1 - 2 kali molting akan sempurna kembali. kecuali sudah masuk sub adult - adult itu memerlukan waktu yang lama & belom tentu 1 - 2 kali molting akan sempurna kembali. semakin besar ukurannya, semakin lama pertumbuhan kaki yang putus.

U: hal apa saja yang perlu diperhatikan jika ingin membuat kandang tarantula?
S: bersihkan semua media yang ingin dipakai. untuk type burrow gunakan tempat yang tidak begitu tinggi. sedang saja, dan volume media cocopeat di perbanyak tidak sampai penuh. beri lubang starter menggunakan lidi atau sumpit, tidak perlu terlalu dalam, biar tarantulanya yang akan melanjutkan lubang tersebut. untuk terrestrial, beri hiding cave sudah cukup. tempatnya tidak perlu terlalu tinggi. khusus arboreal kandang harus tinggi & media cocopeat tidak perlu banyak. tapi harus diberi dahan kayu bisa corkbark ataupun kayu bakau yang biasa digunakan untuk aquascape. 3 tipe ini juga memerlukan water dish, jika masih sling/juve bisa di spray 3 hari sekali - seminggu sekali. juve bisa di spray tergantung kelembaban tarantula itu sendiri di alam aslinya. saya biasa cocopeat jika mau dipakai untuk media tarantula. di oven dulu untuk mematikan telur kutu. jangan lupa beri ventilasi udara bisa dengan melubangi tutup kandang atau pinggiran dinding menggunakan solder diperhatikan juga ukuran lubang, jangan sampai lebih besar dari ukuran kerapasnya, karena mereka bisa kabur lewat ventilasi, abdomen pun bisa lentur walaupun besar. atau kita bisa juga menggunakan akrilik. banyak jenis kok untuk kandang tarantula, bisa dari pethome, gex, akrilik. jika tarantula anda butuh kelembaban tinggi, gunakan kandang yang ventilasi tidak terlalu banyak

contoh link di youtube ingin lihat langsung gimana cara mendekorasi kandang tarantula tiap tipenya
Burrower
Terrestrial
Arboreal

U: perawatan kandang apa saja yang perlu diperhatikan?
S: kebersihan menjadi yang utama. jika tarantula pup(seperti lempengan berwarna putih kecil) di ambil menggunakan pinset atau alat lain. dan jika tarantula selesai makan, ambil sisa makanannya, jika di kandang terlihat putih putih kecil jalan atau melompat. kalo masih bisa di ambil. atau kalo sudah banyak harap mengganti semuanya yang baru. kandang di cuci bersih tidak perlu menggunakan sabun. cocopeat ganti dengan yang baru, jika pupnya menempel di jaringnya gak masalah kalo harus di bersihkan, tarantula tidak stress tapi jangan sering juga jaringnya dirusak.

U: penanganan apa saja jika tarantula terkena kutu?
S: tidak perlu panik, ambil cotton bud & body lotion. diusahakan tarantula di handle & juga harus tenang. pelan pelan kita tempelkan pada kutu yang menempel di tarantula. mengapa kutu harus cepat dibersihkan? jika terlalu banyak kutu yang menempel pada tarantula, akan setres lalu mati. miranda saya mati karena serangan kutu. jadi anda tetap waspada jika ada kutu di dalam kandang. pemicu munculnya kutu? bisa dari makanannya dan juga kelembaban kandang mempengaruhi perkembang biakan kutu.

U: apa tarantula harus dijemur?
S: tarantula tidak perlu dijemur, tarantula mahluk nocturnal. jika enclosure atau kandang tarantula terkena cahaya lampu langsung maupun tidak langsung, berilah mereka hiding cave(tempat ngumpet)

U: apa tarantula bergelantungan dengan jaringnya seperti laba laba?
S: tidak, jaring mereka biasa untuk mendeteksi adanya mangsa/predator & daerah teritorial mereka

U: abis mindahin tarantula ke kandang baru kok dia seneng manjat manjat & nemplok di dinding kandang ya?
S: mereka butuh adaptasi dengan lingkungan baru mereka, jangan mengganggu mereka memanjat, jika diganggu kemungkinan dia jatuh.. seminggu juga mereka sudah normal kembali

U: kalo begitu tarantula bahaya dong ya kalo jatoh?
S: untuk type terrestrial biasanya lebih lemah dari arboreal. jangan sampai tarantula anda terjatuh dalam ketinggian diatas 5cm. karena bisa berpengaruh pada organ organ tarantula. jika terjatuh saat abdomen sedang full/gendut bisa kemungkinan pecah & mati.

U: kok tarantula saya ga gerak tapi dia terbalik gitu ya?
S: selamat, tarantula anda sedang molting/ganti kulit. biarkan saja hingga dia melepas kulitnya. jangan meninggalkan kulit tarantula di dalam kandang, kulitnya bisa anda simpan atau buang.


Referensi foto dari google. Tarantula Molting
U: apa tarantula perlu suhu dingin atau panas ya?
S: tarantula lebih bagus suhu udara panas antara 23 - 28 derajat. suhu lingkungan berpengaruh terhadap pertumbuhan tarantula, kalo suhu dingin, cenderung pertumbuhannya sangat lama. bahkan suhu yang sangat dingin pun akan membunuh tarantula

U: tarantula saya kok disemutin terus ya?
S: harap cepat cepat mengusir & jauhkan dari sarang semut, bisa mati di kroyok semut. beri kapur pada bagian kaki kaki meja, jika tarantula anda ditaro diatas meja atau taro tatakan air di kaki kaki meja anda agar semut tidak memanjat.

U: apa tarantula bisa digabung dalam 1 kandang?
S: sangat tidak diharapkan untuk menggabung jenis apapun. maupun sejenis, karena mereka akan berkelahi & salah satu dari mereka akan luka parah hingga mati. hanya jenis tertentu saja yang bisa communal seperti M.Balfouri & Poecilotheria. tentu saja ada syarat khusus, persediaan makanan tidak boleh kosong untuk menghindari kanibalisme. walaupun harus banyak persediaan makanan, dengan kata lain anda sama saja 'power feed' tarantula anda.


Referensi foto dari google. Poecilotheria communal
U: apa sih power feed itu?
S: pemberian makan secara terus menerus. tidak di jeda waktu pemberian makan 3 hari sampai seminggu. jadi kita beri makan, ketika makanannya abis, kita kasih lagi. begitu seterusnya hingga menjelang tarantula molting. biasanya kasus seperti ini oleh keeper yang tidak mau sabar menunggu tarantulanya besar. banyak kekurangannya dari pada kelebihannya.
1. memperpendek umur tarantula seperti contoh, aslinya bisa 30 tahun, karena di power feed, masa panjang hidup hanya mencapai belasan tahun.
2. tarantula kemungkinan bisa nyangkut pada saat molting
3. ukuran tarantula yang tidak tentu
kelebihannya mungkin hanya akan cepat besar saja.

U: bahaya ga kalo misalkan kamar kita banyak nyamuk terus kita semprot pengusir nyamuk?
S: jangan pernah menyemprot pengusir serangga apapun di dalam kamar. sangat berpengaruh pada tarantula juga. bisa mati

U: cara nernakin tarantula gampang gak?
S: menurut saya breeding tarantula itu sulit.. kenapa? kita harus tau fisik jantan dan betinanya untuk memperkirakan presentase kesuksesan breeding. saya pun belum berani untuk breed haha..

U:apakah tarantula bisa di hybrid?
S: tidak boleh & sangat dilarang untuk hybrid. Karena akan merusak Gen Tarantula dan banyak kekurangannya dari hasil hybrid. Tidak perlu dijelaskan mengapa sangat dilarang hehe intinya tidak boleh di hybrid.

U: terus saya suka liat liat di google keywordnya “Brachypelma” suka ada yang jenisnya sama ya? itu hybrid dong?
S: tergantung penemuannya dimana, memiliki kemiripan tidak berarti itu hybrid. Contoh umumnya Grammostola rosea & Grammostola Porteri. Nama latinnya aja udah beda, berarti ga bisa di hybrid dong.. biar alam aja yang menentukan jenis baru. Dan para keeper yang akan menjaga jenis tersebut. Kurang lebihnya begitu gan.

U: aduh tarantula saya kabur dari kandang.
S: segera melakukan pencarian & tutup ruangan jangan sampe ada celah sedikitpun dari ruangan tersebut. cari di sela sela lemari, kolong lemari, atau celah celah sempit. tarantula belum tentu bisa bertahan di luar kandang, terancam oleh predator lain seperti cicak dan juga berbahaya untuk peliharaan kita yang lain seperti kucing atau anjing. racun tarantula memang tidak berbahaya untuk manusia, tapi anti body setiap mahluk berbeda. Bisa di coba dengan cara ini, pernah ada yang share & bisa dicoba siapa tau tarantulanya balik lagi. Yang pertama, siapkan 1 tempat kecil bisa dibuat dari kerdus/karton buat seperti tempat mengumpat tarantula/ hiding cave. Di dalam hiding tersebut taro waterdish gunanya untuk menjaga kelembaban dalam ruangan hiding tersebut. Tarantula seneng sama lingkungan yang lembab, kadang mereka suka ngumpet di kamar mandi atau sela sela yang menurut mereka aman

Sumber : http://lutfanfatoni.blogspot.com/2014/06/tips-trick-untuk-pemula.html

No comments: