Wednesday, September 17, 2014

3 Tarantula Terbesar di Dunia

1. Poecilotheria rajaei


Siap lompat dan nemplok di mukamu
Poecilotheria atau yang biasa disapa akrab Pokie adalah genus tarantula arboreal yang terkenal super gesit dan berbisa kuat. Artikel ilmiah tentangnya pertama kali dipublikasikan oleh British Tarantula Society tahun 2012. Tarantula ini diduga hampir punah karena habitatnya yang rusak karena perang dan penggundulan yang memaksa mereka mengungsi ke gedung-gedung tua.

Oiya ukurannya belum ya? Well, rentang kakinya bisa mencapai 20cm bahkan lebih. Bisa buat topeng tuh untuk nutupin muka :))
 

  2. Lasiodora parahybana

GUEDEEE!
Tarantula asal Brazil ini biasa dikenal dengan nama Salmon Pink Birdeater. Betul sekali, birdeater. Saking besarnya burungpun bisa dia makan. Di alam bebas, jika kekurangan pasokan serangga untuk dimakan mereka juga tidak segan-segan memburu hewan lainnya. Dari tikus sampai kodok yang gedepun masuk.

Ukurannya? Hingga 25cm. Yaps, hampir sepanjang dua telapak tangan kita. Walaupun bisanya tidak terlalu kuat, jangan harap digigit taring sepanjang 4cm itu tidak sakit.
 
  3. Theraposa blondi 
 

Terbesar dan terberat. Rekor tersebut dipegang oleh Theraposa blondi atau Goliath Birdeater asal hutan tropis Amerika Selatan. Nggak tanggung-tanggung, ukurannya bisa melebihi 2 telapak tangan kita. Di alam bebas, menu makannya sangat bervariasi. Karena susah menemukan serangga yang bisa bikin dia kenyang, ularpun bisa dibabat sama si blondi

Mirip dengan si parahybana, taringnya juga bisa mencapai 4cm. Bisanya sedang, tetapi urticating hairnya dikenal sebagai yang terparah di kalangan tarantula New World. Yang lebih seramnya? Tarantula ini mampu mendesis lumayan keras yang bisa terdengar hingga jarak 4 meter!

No comments: