Saturday, September 20, 2014

Hal yang perlu di perhatikan ketika baru membeli Sling Tarantula


Apa yang harus dilakukan bila baru membeli tarantula?
Hal yang seharusnya anda tau yaitu karakter & bagaimana caresheet dari jenis tersebut. Biasakan sebelum membeli pelajari caresheet dari jenis yang ingin anda miliki. Caresheet dari jenis jenis yang sangat umum biasanya sangat mudah dicari di google. Lalu persiapkan kandang untuk tarantula anda. Bila anda membeli sling biasannya sang penjual akan menambahkan matrial untuk pertama kali pelihara, seperti sekantung cocopeat(substrat), tube urin(kandang untuk tarantula). Untuk tube urin biasanya ukurannya gajauh antara 2,5x5cm hingga 3x5cm. jangan lupa memberi ventilasi udara pada tutup tube urin. 1 – 5 lubang cukup. Dan sangat perlu diperhatikan ukuran lubang ventilasi, karena bila terlalu besar tarantula bisa kabur. Untuk perbandingan bisa diukur besar kerapas tarantula(bagian kepala). Jangan pernah lebih besar dari kerapas. Kalau  di sesuaikan besar perut(abdomen) itu percuma, karena abdomen sangat lentur.. mau sebesar apapun ukuran abdomen masih bisa kemungkinan kabur.
Yang perlu anda harus ketahui adalah type apa dia? Burrower, arboreal, atau terrestrial? Tanyakan pada seller untuk menghindari salah perawatan, karena bila salah caresheet bisa bikin setres lebih parahnya berujung dengan kematian. Untuk tarantula terrestrial. Lebih baik tinggi substrat disesuaikan dengan tinggi substrat burrower. Karena terrestrial masih mengikuti nalurinya untuk burrow. Hingga ukuran 5cm dia akan menjadi terrestrial seutuhnya. Bila sudah membuat kandang & menambahkan substrat untuk sling burower/terrestrial. Jangan menekan hingga substrat menjadi padat. Karena hal itu akan menjadi sia sia. Untuk burrower bisa tambahkan sedikit lubang awal untuk mereka menggali. Bisa menggunakan lidi lalu ditusuk pada substrat, tidak perlu terlalu dalam, yang penting tarantula memungkinkan untuk melanjutkan lubang tersebut, sesuai keinginan mereka. Untuk arboreal, gunakan substrat sedikit, karena mereka lebih aktif diatas dari pada di permukaan. Beri media untuk memanjat, seperti kulit kayu,cork bark, ataupun media lain yang bisa memungkinkan mereka untuk memanjat.
Apa yang dimaksut dengan burrower, terrestrial,arboreal?
Burrower = panggilan dari jenis tarantula yang hidupnya didalam tanah, mereka yang sepanjang hidupnya tinggal di dalam lubang buatan mereka sendiri.
Terrestrial = tarantula yang hidupnya hanya di permukaan. Terrestrial hanya jenis New World saja. Banyak memilih terrestrial untuk awal memelihara karena paling sering keluar dari persembunyian.
Arboreal = mereka selama hidupnya hanya tinggal diatas pohon atau kulit pohon saja.
Karena ini hanya untuk pembahasan awal pemeliharaan untuk sling, saya akan lanjutkan. Pada dasarnya, mereka yang masih sling sangat membutuhkan kelembaban yang tinggi, ada sebagian jenis juga butuh sirkulasi udara yang baik, seperti jenis Avicularia. Ada juga jenis yang dari sling pun sudah senang dengan kelembaban dibawah 40% biasanya ini untuk baboon, salah satunya Monocentropus Balfouri. Yang terpenting ialah pelajari secara terperinci tiap jenis yang ingin dipelihara. Untuk jenis jenis umum seperti Brachypelma, Grammostola, Avicularia, poecilotheria, cyriopagopus, selenocosmia, haplopelma mereka butuh kelembaban tinggi pada saat sling. Ingat kelembaban itu bukan berarti substrat becek, selalu punya alat Spray. Gunakan spray untuk membasahi substrat, tidak perlu becek. Spray juga pada bagian dinding. Bisa dilakukan antara 3 hari sekali atau seminggu sekali. Dan pemberian makan sangat diperhatikan, beri makan mereka seminggu sekali. Bila ingin sedikit cepat besar. 3 hari sekali, tapi jangan pernah memberi makan dibawah 3 hari sekali. Sesuaikan makan mereka dengan mengukur besarnya abdomen dengan porsi makannya. Biasanya pemberian makan menggunakan kaki jangkrik, potongan ulat hongkong/jerman/kandang, atau nymph kecoa ternakan. Jangan pernah coba untuk memberi makanan hasil tangkapan liar. Karena bisa saja membawa penyakit atau hama berbahaya bagi tarantula. Saya lebih prefer untuk memberi makan tarantula saya dengan jangkrik. Karena lebih mudah & gizi jauh lebih banyak dari pada ulat hongkong/jerman/kandang. Tidak harus memotong bebrapa bagian untuk diberikan ke sling anda. Cukup memotong/mencabut kaki belakang jangkrik cukup untuk mereka makan sekali. Tapi bila anda punya ternakan kecoa, seperti madagaskar atau dubia. Bisa memberi makan mereka menggunakan nymph kecoa tersebut. Karena nymph yang baru lahir sesuai dengan ukuran sling. Jadi sekalian bisa mengamati mereka secara langsung berburu mangsanya hidup hidup. Taro di tempat gelap & jauh dari predator seperti semut. Keberadaan semut sangat bahaya bagi tarantula. Gunakan kapur semut untuk mencegah masuknya semut kedalam kandang.  Hindarkan juga dari getaran getaran secara langsung, contohnya suara bas musik. Jangan pernah menggunakan racun nyamuk di sekitar kandang/ atau kamar untuk menyimpan tarantula anda. Karena dapat membunuh tarantula anda, mau bentuk foging/semprot, bakar, elektrik. Jauhkan jangkauan dari anak kecil untuk menghindari hal yang tidak di inginkan.
Tarantula anda posisi terbalik, tidak mau makan, warna sedikit memudar/gelap?
Tidak perlu cemas, karena itu hal sangat umum untuk tarantula. Pada saat ini mereka disebut Molting. Masa pergantian kulit untuk pembesaran ukuran mereka, menumbuhkan kembali bagian tubuh yang hilang/putus. tanda apa saja yang sangat jelas ketika mereka memasuki premolt? Warna kulit cenderung memudar atau menjadi gelap, bila sling new world pada bagian abdomen Urticating hair biasanya seperti tompel. Akan lebih hitam pekat. Dan ditandai tidak mau makan. Ketika sudah memasuki ciri ciri ini. Stop mengganggu mereka, jaga kelembaban kandang & jangan memberi makan mereka. Selama premolt mereka akan berpuasa selama sebelum molt hingga 1 minggu setelah molt. Baru beri makan secara normal.
Kulit  sisa molting lebih baik diambil atau dibiarkan saja?
Tidak diambil juga tidak masalah. Biasanya mereka akan membuat web di sekitar mereka untuk alas molting ataupun menutupi daerah tempat molt mereka untuk kenyamanan & terjaga. Jadi bila kulit tersebut terjebak diantara web mereka lebih baik tidak perlu diambil. Apalagi untuk jenis burrower. Mereka molting sangat jarang  akan mengeluarkan kulit mereka ke permukaan. Jadi lebih baik di biarkan saja.
Di dalam kandang tarantula saya banyak sekali jaringnya. Apa harus di bersihkan?
Jaring bisa disebut juga web. Beberapa jenis ada yang memang heavy webber, daerah yang sudah ada web bisanya sudah menjadi daerah teritorial mereka. Juga menandakan bahwa mereka sangat nyaman dengan kandang mereka. Keberadaan web juga sangat penting guna untuk mendeteksi mangsa, bila ada getaran di daerah web, mereka akan mendekati sumber getaran tersebut. Jadi lebih baik jangan membersihkan, merusak web mereka.
Bingung dengan kelamin sling Tarantula anda?
Jangan pernah sekali kali menanyakan kelamin sling tarantula anda kepada si penjual. Karena akan percuma hehe.. sling tidak akan bisa keliatan kelaminnya. Butuh keahlian khusus untuk membedakan kelamin jantan dan betina. Bila sudah masuk juvenile, bisa dilihat di bagian ventral. Saya tidak akan membahas kelamin. Karena ini untuk tahapan lanjutan(Juvenile)
Kok ada kayak putih putih kecil berjalan/melompat dengan cepat di kandang sling saya?
Itu adalah kutu. Putih kecil bukan berarti kutu juga. Ada sebagian yang bahaya untuk tarantula. Dan juga jumlah mereka sangat bahaya bila sudah terlalu banyak. Mengapa mereka ada? Datang dari mana? Kelembaban yang jadi penyebab utama tumbuhnya kutu. Hal ini sangat diperhatikan, begitu pula juga dengan kebersihan kandang, jangan pernah meninggalkan sisa makanan yang sudah ditinggalkan oleh sling. Bila anda ingin bingung jam sesuai untuk waktu makan mereka, umumnya hanya 12jam. Jam 6 pagi anda meninggalkan makanan di kandang, berarti anda harus mengangkat sisa makanan tersebut jam 6 sore. Tapi pada jam terakhir masih dimakan oleh sling, biarkan hingga dia selesai sendiri memakan makanannya. Baru diambil sisa makanan tersebut. Bila ditinggal sisa makanan berhari hari. Bisa menimbulkan penyakit ataupun hama yang bisa membahayakan sling.
Sling saya kok pas diberi makan hanya menggendong gendong kaki jangkriknya ya?
Cara mereka makan seperti itu, mereka menggigit makanan & menyuntikan racun mereka. Agar bisa menghisap makanannya. Mereka akan menggigit & memegang makanan tersebut dengan taring & pedipalp(kaki terdepan yang paling pendek) mereka.
Di kandang sling saya kok ada putih putih seperti kerak, tapi bukan seperti kutu.
Setiap mereka makan pasti akan buang kotoran, karena masih sling tidak begitu banyak. Kotoran mereka berwarna putih. Bila ingin membersihkan bisa menggunakan cotton buth. Atau tissue. Tapi bila ingin membersihkan kotoran sebelum waktu spray. Dan jangan terlalu sering, karena mengganggu sling tersebut.
Apa sling boleh di mainkan atau di handle?
Saya sangat melarang keras untuk menghandle tarantula, mau itu sling,juve, atau adult sekalipun. Karena dapat membahayakan sang keeper atau tarantula itu sendiri. Bila terpaksa menghandle itu hanya untuk pada saat rehouse, mengecek kondisi & kesehatan. Dan pada dasarnya tarantula itu display pet. Hanya untuk dilihat dari keindahannya bukan seperti mamalia yang bisa kontak langsung dengan keeper. Walaupun racun tarantula tidak berbahaya untuk manusia. Tetep tidak untuk di handling. Karena ada sebagian jenis yang larinya sangat cepat. Bisa saja kaget dan melempar tarantula anda. Sangat rentan bagian abdomen, bisa pecah lalu mati. Jadi lebih baik tidak untuk di handling.
Seberapa lama ya kita mengganti kandang atau mengganti substrat?


Rehouse Enclosure biasanya 6 bulan sekali. Tapi bila kita rajin menjaga kebersihan bisa lebih lama dari itu untuk rehouse.. tapi untuk sling biasanya ga sampai 6 bulan pasti udah ganti tempat. Jadi sesuai dengan ukuran tarantulanya. Bila terlihat semakin sempit alangkah lebih baik ganti dengan yang lebih besar & gunakan substrat yang baru. Atau substrat yang lama di bersihkan dengan dibuang sisa kotoran,  direndam & disaring lalu di oven atau di sangrai.

1 comment:

Abel said...

Saya ada sling tp masih di dlm telur
Telurnya di jaga terus sama induknya,
Apa harus di ambil telurnya?.ato di cutt aja telurnya
Mohon jawaban nya