Thursday, September 25, 2014

Tarantula untuk Pemula

Masih bingung kah untuk memilih jenis Tarantula yang Ideal untuk Pemula? Cukup banyak pilihan untuk pemula.. apalagi sekarang udah banyak jenis jenis yang bisa dibilang cukup Rare udah masuk ke pasaran Indonesia.

Brachypelma
Untuk jenis ini, cukup & sangat umum di hobby ini. Ya memang untuk jenis ini menurut saya sangat indah & mencolok dari. Paduan warna orange, hitam ditambah ring berwarna putih pada bagian kaki yang cukup mencolok dari Brachypelma Smithi. Tempramennya pun menurut saya tergolong lambat & low venom. Salah satu koleksi saya Brachypelma Emilia enggan untuk bergerak. Tetapi sangat aktif jika merespon gerakan mangsanya.. kekurangan Brachypelma terkenal dari lambatnya pertumbuhan mereka. Ada beberapa jenis juga yang pertumbuhannya cukup cepat. Seperti Albopilosum & Vagans


Grammostola
Dari Grammostola sendiri pun ukurannya juga banyak yang besar besar. Jadi kalo suka yang ukurannya cukup besar bisa pilih jenis ini. Ga kalah indah untuk corak dari Brachypelma, salah satu primadona dari Grammostola mungkin Pulchra. Si hitam manis yang lumayan besar juga hehe


Aphonopelma Untuk jenis ini saya kurang banyak infonya.. yang jelas masih Rare di Indonesia. Kurang lebih hampir sama seperti brachypelma. Ada beberapa jenis dari mereka pun coraknya sama tetapi hanya perbedaan warnanya saja. Seperti Brachypelma Boehmei dengan Aphonopelma Bicoloratum.
Avicularia
Nah jika Anda suka yang jenis Arboreal atau pemanjat. Jenis ini cukup bagus & larinya tidak begitu cepat. Yang paling menonjol dari Jenis ini yaitu Avicularia Versicolor. Paduan warna ungu kemerahan & bulu yang tebal menjadi Primadona setiap Keeper Tarantula.

 Lasiodora
Masuk ke beberapa yang terbesar. Mampu ke 22cm, yaitu Lasiodora Parahybana. Dan Lasiodora Difficilis hanya mampu sampai 16cman. Parahybana mampu bertelur hingga 1000 telur lebih dalam kantung telur.
Nhandu
Cukup menarik dari jenis ini adalah Nhandu Chromaratus. Memiliki bulu merah cerah pada Abdomen & corak kaki seperti tulang yang menawan. Dan ukurannya pun lumayan besar..  tak jarang juga banyak yang bilang jenis ini lumayan defensive.
 Acanthoscurria
Salah satu Favorit saya hehe.. (skip) memiliki ukuran yang cukup besar diatas 20cm. pola makan yang sangat rakus, pertumbuhannya pun sangat cepat. Jadi cocok untuk starter karena tidak akan bosan dengan jenis ini. Hati hati bila member makan jenis ini.. karena apapun yang masuk ke enclosure mereka, akan menganggap itu adalah mangsa. Jadi jangan iseng menyentuh langsung jenis ini dengan tangan anda.

 Chromatopelma Cyaneopubescens
Memiliki paduan warna yang sangat cantik, Biru pada kaki, bulu bulu orange di Abdomen & kerapas yang hijau metallic. Tidak rewel untuk perawatan, masih slingnya pun sangat amat cantik.. pada saat sling corak pada Abdomennya ada yang menyerupai bentuk Love.  Heavy Webber, pokoknya recommended banget untuk jenis ini.

4 comments:

Unknown said...

sepertinya ini tulisan saya :)
sebelum mengambil informasi sesuati dari orang. harap tolong dicantumkan sumber.

http://lutfanfatoni.blogspot.com/2014/06/tarantula-untuk-pemula.html

Unknown said...

Setuju sma mas lutfan,,,sumber itu penting,!!

Unknown said...

Setuju sma mas lutfan,,,sumber itu penting,!!

Unknown said...

Setuju
sma mas lutfan,,,sumber itu penting,!!