Wednesday, November 5, 2014

IGUANA TERBESAR DI DUNIA

 Nama :  iguana

spek gambar iguana ukuran 170cm :

MERAWAT IGUANA AGAR CEPAT BESAR

 Nama Latin: Iguana iguana
Negara Asal: Amerika bagian Tengah dan bagian Selatan Central and South America. Iguana yang import kebanyakan dari Columbus, El Salvador, Hoduras, Peru, Mexico   

Ukuran : iguana baby sekitar ukuran 25-30cm sdangkan iguana dewasa dapat mncapai panjang hingga 1,8 meter dan ada juga yang mencapai 2meteran klo dirawat dgn baik

Umur:Apabila di pelihara dengan baik bisa mencapai usia 15-20 tahun.
membeddakan jantan dan betina :  

 

Catatan: Banyak orang yang berpikir bahwa Iguana adalah hewan untuk pemula dalam pemeliharaan reptile, tapi sebetulnya itu adalah hal yang keliru. Iguana memerlukan penanganan yang serius yang biasanya diluar dari kemampuan pemula. Hal ini disebabkan kurangnya informasi dan pengetahuan yang menyebabkan Iguana mati sebelum dewasa. Dalam memelihara Iguana harus memperhatikan kandang, makanan ,suhu , dan penjemuran yg kita lakukan setiap smnggu 3-4 kali jika tdk smpt.
Penampilan Umum dan Gambar :  

Iguana adalah hewan yang paling sering dikenal sbgai kadal memiliki kaki ,memiliki ekor . Semua jenis Iguana memiliki duri yang berada di sepajang punggungnya. Berbeda degan yang diketahui masyrakat bahwa warna iguana adalah hijau, semua juvenil mempunyai warna hijau, tapi setelah mereka dewasa,warna tubuhnya berubah menjadi coklat cenderung oranye dengan garis pada ekornya.

 

Kandang: untuk kandang iguana kita bisa mnggunakan akuarium atau kandang kawat seperti kandang burung, yang perlu diperhatikan adalah ukuranya yaitu haru melebihi panjang dan besar seekor iguana yang kita pelihara.
Temperature: Iguanas berasal dari tempat yang bersuhu tropic dan perlu tempat yang hangat, Suhu yang baik adalah 26 C s/d 29 C, tempat berjemur 32 C s/d 35 C. sebaiknya di kandang di pasang Thermometer untuk memantau keadaan suhu.
Panas dan Pencahayaan: Sinar UVB baik untuk menjaga metabolism dan pertumbuhan tulang pada Iguana, mncegah jamur,dan MBD Tanpa sinar ultra violet Iguana akan mudah sakit dan bisa menyebabkan kematian.
Alas: untuk alasnya kita bisa menggunakan koran, karpet, serbuk kayu ..yang paling penting agar iguana kita tetap nyaman di kandangnya.


Kelembaban: Kelembaban yang disukai adalah 65 % – 75 % . bisa digunakan pengairan yang menggunakan mesin atau pun bisa juga disemprot sehari dua kali untuk mempertahankan kelembaban.
Diet: Iguana adalah binatang pemakan tumbuhan. Sebaiknya untuk memberikan makanan dari bahan yang terbuat dari tumbuahn yang terdiri dari 40 – 45 % hijau –hijauan (dedaunan hijau) , Kemudian 40 - 45% adalah Sayuran (kangkung,sawi,toge,wortel,kecamba,kacang"an, kentang,dll ). 5 - 10 % adalah (anggur, pisang ,pepaya, melon, jeruk,dll) dan boleh saja sesekali jika ia suka memakan tanaman liar karna tanaman liar dapat mningkatkan kesetabilanya di alam.

 
Pesan: Jagalah agar kandang selalu bersih, alas dan kandang bisa dibersihkan dengan pemutih dicampur air sebnyak 5 %, setelah itu disiram dengan air bersih agar sisa pemutihnya hilang, dan tidak meracuni Iguana. Selalu cuci sebelum dan setelah memegang iguana dan atau alat2.nya

terimakasih smoga bermanfaat .. :)

No comments: