Friday, July 4, 2014

Spike Iguana

   Kita biasa menamainya duri atau spike iguana.Mari kita bahas bersama-sama mengenai judul diatas.Sedikit sekali blog berbahasa indonesia yang membahas mengenai spike/duri pada bagian tubuh iguana,mungkin karena masih kurangnya peminat iguana sebagai hewan peliharaan di indonesia. Kali ini saya akan membahas sesuai batas pengetahuan saya mengenai spike pada hewan peliharaan kesayangan saya ini. Spike/duri pada bagian tengah atas iguana sebenarnya memiliki banyak sekali fungsi, akan saya terangkan satu persatu fungsi spike iguana sebagai berikut :

1.       Spike memiliki pembulu darah
Spike iguana memiliki pembulu darah yang mengalir dari pangkal duri hingga ujung atas, dari bagian ekor sampai belakang kepala,jangan sekali-sekal kalian mencabut atau memotong spike iguana hanya karena penampilan iguana tersebut kurang sedap dipandang,Mencabut saat iguana berganti spike yang baru pun! saya sarankan jangan! biarkanlah spike tersebut terlepas dengan sendirinya,kita dapat membantu setelah spike iguana tersebut benar-benar siap untuk lapas.Fakta yang saya temukan dilapangan banyak orang sengaja memotong dengan gunting atau silet spike iguana yang berantakan,kita tidak pernah tau iguana tersebut merasakan sakit seperti apa.jika kita benar-benar menyayangi peliharaan kita tidaklah mungkin membuatnya sakit,jikapun harus memotong spike iguana saya sarankan pergilah ke dokter khusus reptil yang paham mengenai hal tersebut.
Foto spike yang dipaksa dicabut

2.       Spike alat pertahanan diri
Spike pada iguana dapat juga digunakan sebagai alat menakuti lawannya, sama halnya pada jengger iguana yang dapat membesar,spike pun dapat berdiri tegak saat iguana marah. Hal tersebut lantaran iguana ingin mengintimidasi dengan menunjukan tubuh yang besar pada lawannnya atau saingannya.

3.       Spike Berfungsi untuk kawin
Spike juga berfungsi untuk menarik perhatian lawan jenisnya, dengan cara menegakkan spike dengan sangat tegak,agar lawan jenis mendapat perhatian .Di tambah lagi tarian khas iguana yang akan membuat iguana betina tertarik.iguana jantan biasanya akan menggigit spike iguana betina yang akan membuat spike iguana betina cukup rusak.

4.       Spike untuk bertahan hidup
Spike pada iguana dapat juga  diguanakan untuk bertahan hidup,pada saat iguana berkelahi dengan saingannya.si pesaing akan berfikir untuk mengigit spike iguana,pada saat pesaing mengigit spike iguana, iguana akan melarikan diri dengan luka ringan yang dialami iguana,namun nyawanya selamat.

5.       Spike sebagai kamuflase
Menurut info yang saya dapatkan spike iguana dapat berfungsi untuk menyamarkan diri ketika iguana berada diatas pepohonan,

6.       Spike sebagai thermometer
Spike juga diguanakan iguana untuk alat penyerap panas atau alat pndingin tubuh yang disebarkan langsung dari spike ke bagian tubuh iguana .

Perlu diingat tidak semua jenis iguana memiliki spike/duri yang tinggi, beberapa iguana memiliki duri yang cenderung pendek.

No comments: