Friday, July 4, 2014

Ciri fisik iguana yang bagus

 
Kepala
Pastikan kepala iguana propposional membentuk huruf V,lihatlah bentuk kepala iguana dari bagian atas kepalanya.

Mulut
Pastikan mulut iguana tersebut tidak ada luka/rubing,bibir iguana yang proposional tidak cacat rata dari sisi kanan dan kiri.

Mata
Pastikan mata iguana tidak keluar atau besar sebelah, karna saya pernah menemukan mata iguana yang besar sebelah, tidak berair dan tidak ada bercak putih pada mata iguana.

Kuping
Kuping iguana terletak dikiri dan kanan kepala iguana. pastikan tidak ada luka atau sobekan di kuping tersebut.karna kebanyakan iguana dijual dengan keadaan dicampur dan resiko luka bisa saja terjadi.

Duri (Spike)
Pilih iguana dengan spike yang runcing dan tegak keatas jangan jatuh kebelakang atau ke kanan-kiri.jangan pula membentuk huruf J terbalik, Karna iguana yang berspike tegak keatas adalah iguana yang mendapatkan asupan fitamin yang bagus.

Perut
Pastikan tulang dibagian depan atau tulang rusuk iguana tidak ada yang patah atau menonjol keluar, periksa keseluruhan perut iguana apakah ada jamur yang bersarang atau kotoran. Karna perut iguana sering sekali terkena kotoran yang ada disekitarnya dan bisa mengakibatkan sepora menempel diperut iguana.

Kaki
Pastikan tulang kaki iguana tidak mengalami kelainan seperti patah,terkilir atau pincang. Periksa kaki-kaki iguana dan perhatikana apakah iguana tersebut kesakitan.Jari iguana berjumlah 20 jari. Periksa apakah ada benjolan yang tidak normal disetiap sambungan tulang di jari iguana, karna dikhawatirkan menderita MBD. pastikan pula kuku iguana yang utuh dan runcing.

Kulit/sisik
Periksa kemulusan sisik iguana dari pangkal kepala hingga ujung ekor. Jangan sampai ada spora atau bagian yang menonjol. karna kutu reptile berada dibalik sisiknya. periksa sela kaki dan tangan iguana dalam keadaan normal tidak ada spora yang bersarang.
  
Dubur iguana
Periksa dubur iguana dan pastikan dalam keadaan bersih, kalaupun ada kotoran sikatlah dengan air dan sikat gigi, pastikan kotoran tersebut bisa bersih.karna dubur iguana selalu kotor..

Kotoran iguana
Ketika iguana membuang kotoran, iguana akan mengeluarkan air bening kental dan sisa kalsium berwarna putih yang tidak terserap oleh tubuh terakhir kotoran berwarna hitam.

Jengger iguana / Dewlap
Jengger iguana atau gelambir yang dapat melebar berada dibagian bawah mulut iguana, pastikan gelambir tersebut utuh tidak ada sobekan atau jamur yang bersarang di gelambir tersebut.

Tentunya semua faktor itu tidaklah terlalu penting untuk anda yang benar-benar  ingin membeli iguana yang kekurangan fisik, kalau anda benar-benar ingin membeli iguana yang kekurangan fisik karna tidak ada yang mau mengadopsinya sungguhlah mulia hati anda karena tidak semua orang mau memelihara iguana yang berjamur,terluka atau kekurangan fisik. Saya pun pernah memelihara iguana dengan bagian perut yang luka hingga bagian dalam perut iguana berada di luar perut, setelah saya rawat cukup lama luka itupun sembuh dengan total.

No comments: