Friday, July 4, 2014

Cara memotong kuku Iguana

 Cakar/Kuku iguana adalah salah satu daya tarik yang sempurna untuk di lihat, sama halnya seperti duri di punggung,ekor yang panjang dan bulatan besar di bagian wajah, salah satunya adalah jari kaki iguana yang panjang-panjang semua hal itu membuat tampilan iguana sangatlah garang, kuku iguana tidak hanya menjadi pajangan semata untuk iguana, di alam karakteristik fisik mereka berperan penting dalam berbagai hal. Kuku pada iguana biasanya digunakan untuk memanjat pepohonan dan mempertahankan diri dari mangsa yang mencoba menangkapnya.

Jika di antara kalian ada yang memelihara iguana, resiko yang sering kalian alami adalah tercakar oleh kuku-kuku iguana yang tajam. Berhati-hatilah jika kalian tercakar bisa jadi di kuku iguana tersebut terdapat kotoran iguana yang dapat membuat infeksi pada tubuh kita yang terkena cakar.

Nah.. kali ini saya akan memberikan sedikit informasi yang saya ketahui mengenai kuku pada iguana dan cara memotong kuku tersebut agar iguana tidak merasakan sakit atau terluka. Kuku iguana tersusun dari jaringan keras dan lunak, dan yang boleh kita potong adalah jaringan keras di bagian ujung yang meruncing, jika kalian ceroboh dan memotong jaringan lunak akan berdampak iguana terluka dan berdarah, karna di dalam jaringan lunak tersebut terdapat syaraf yang dapat mengeluarkan darah oleh guntingan kita. Untuk meminimalisirkan terjadinya hal tersebut saya berikan contoh gambar berikut :



 
Coba kalian pegang kuku iguana kalian ke arah matahari, di situ akan nampak sekali perbedaan dari jaringan keras dan jarngan lunak pada kuku tersebut.

Jaringan Mati/keras
Jaringan yang keras dan memanjang di bagian luar kuku iguana dan hanya dapat di potong pada bagian ujung kuku berakhir.

Jaringan Hidup/lunak
Jaringan yang lunak berada di bagian dalam kuku iguana dan memiliki syaraf yang jika terpotong akan mengalami trauma atau berdarah.

Silahkan kalian save gambar tersebut agar kalian bisa mempelajari bagian mana yang  boleh kalian potong dan bagian mana yang tidak boleh kalian potong. Tentunya jika kalian menyayangi iguana kalian tidaklah mungkin kalian asal potong dan membuat iguana kalian merasakan sakit.

No comments: