Monday, June 20, 2011

:: GABUS TOMAN ::

Channa micropeltes,giant snakehead,Toman adalah sejenis ikan gabus(channidae).Toman dapat mencapai panjang +- 1,5 meter,ukuran ini adalah ukuran terbesar dari semua jenis gabus.Nama toman sendiri adalah nama dari indonesia dan malaysia sedangkan Snakehead berasal dari bahasa inggris yang artinya kepala ular,karena kepala dan giginya mirip ular.

Ketika dewasa ikan ini berwarna hitam kebiruan,dengan perut warna putih.Ketika masih anakan warnanya kemerahan dan ada garis hitam dan jingga di tubuhnya (sisi kanan dan kiri).
Penyebaran Toman antara lain didaerah Malaysia,Thailan,Laos,Myanmar,Vietnam India dan pastinya di Indonesia barat seperti sumatra,jawa kalimantan dan pulau sekitarnya.

Toman adalah ikan predator yang memakan apa saja yang ada di air/di atas air seperti katak,ikan lain,serangga air ataupu burung.Induk toman sangatlah agresif ketika dia menjaga anaknya,biasanya dia akan mengumpulkan anaknya yang ratusan dan dia pasti berada didekat kerumunan anaknya.Jika ada ikan/predator lain yang mencoba mendekatinya biasanya dia akan menyerang untuk mempertahankan diri dan anaknya.Bagi para pemancing ikan toman pasti akan mencari kerumunan/gerombolan anakan toman dan biasanya mereka melempar umpan ke arah gerombolan ikan itu,dengan harapan sang induk akan menggigit umpan.
Diindonesia sendiri ikan ini banyak dijual belikan sebagai ikan hias tapi banyak juga yang dibuat sebagai makanan.di amerika ikan ini dilarang dipelihara.
Water parameters: Temperature 22-28˚C / 72-82˚ F; pH 6-7.5
Pengaturan kolam : ketika masih baby meungkin bisa dipelihara diakua namum keti dewasa harusnya dipelihara di kolam/palud dengan dihiasi daerah terbuka dan diberi tempat untuk sembunyi.

No comments: