Friday, April 19, 2013

Burmese Python / Python molurus bivittatus

Burmese Phyton berasal dari Asia Tenggara, Indonesia. Ukuran Burmese python bisa mencapai panjang 17-18 kaki dan berat mencapai 200 pound/lebih. Sangat mungkin ular ini dapat mencapai panjang 10 kaki pada 18 bulan. Rekor yang tercatat saat ini adalah 26 kaki. Umur Burmese pythons dapat mencapai 25 tahun/lebih dalam pemeliharaan yang baik.
Perhatian : Dikarenakan ukuran yang besar serta panjangnya ular ini sangat tidak dianjurkan untuk pemula. Memelihara ular ini diperlukan suatu keseriusan dan tidak jarang pula investasi yang sangat mahal. Disebabkan karena tidak adanya penanganan yang memadai ular ini akan menyebabkan kematian. Salah satu contoh adalah mengalungkan ular ini di leher.
Umum: Dengan tersedianya jenis yang banyak di penangkaran, sekarang bisa diperoleh bermacam warna dan jenis. Yang paling populer adalah Albino, Hijau, Labyrinth, Granit, Tiger.
Ukuran kandang seekor Burmese Python ukuran kecil membutuhkan tempat paling minim seukuran aquarium 20 gallon atau lebih, sampai dia mendapat tempat yang lebih besar. Di karenakan ukuran yang besar kadang harus di buat dengan ukuran minimal : 6“ 8 kaki panjang X 2“ 4 kaki lebar X 3“ 4 kaki tinggi. Sangat tidak disarankan menggunakan kayu yang belum finishing dikarenakan lebih mudah cepat rusak dan dapat melukai ular itu sendiri. Temperatur: siang Hari 85° sampai 90° F, dengan tempat berjemurnya antara 90° sampai 93° F. Malam hari temperatures berkisar antara 75° sampai 80° F.
Untuk pemanas dan penerangan tidak diperlukan lampu UV, untuk ular jenis ini. Pencahayaan sekitar 10 sampai 12 jam bisa menggunakan lampu pijar biasa. Menggunakan lampu pijar sebagai pemanas atau keramik penghantar panas dapat juga di pakai sebagai penghangat. Pemanas dari batu santa tidak di anjurkan karena bisa overheat dan membuat ular terluka.
Untuk alas indoor maupun outdoor carpet model Atroturf TM dianjurkan dalam pemakaian karena mudah dibersihkan dan anti bakteri, selain itu yang paling mudah adalah koran, sangat tidak disarankan mengunakan Alas yang mengandung Cedar karena Cedar mengandung racun yang bisa membunuh ular. Dikarenakan ular ini berasal dari Hutan Tropical basah, jadi memerlukan kelembaban yang sesuai. Terlalu lembab dapat menimbulkan tumbuhnya bakteri maupun jamur demikian halnya apabila terlalu rendah kelembabannya menyebabkan terjadinya masalah dalam pergantian kulit. Di dalam kandang juga bisa disediakan air untuk menjaga kelembaban, tetapi harus diingat bila malam harus di keluarkan dari kandang karena akan meningkatkan kelembaban..
Setelah menetas Burmese pythons bisa makan tikus dewasa ukuran kecil sebagai makanan pertama mereka, Burmese pythons dewasa memerlukan kelinci sebagai makanannya, dalam pemeberian makan tidak boleh terlalu sering karena berakibat pada obesitas. Apabila memberikan makan dengan makanan beku harus dicairkan terlebih dahulu guna mengurangi resiko terlukanya ular karena makan makan yang masih beku. Sangat tidak dianjurkan memberi makan dari binatang liar karena mungkin masih mengandung racun yang berbahaya bagi kesehatan ular.
Perawatan dan pembersihan kandang harus dilakukan setiap hari, apa bila menggunakan indoor/outdoor carpet sangat disarankan mempunyai dua untuk dipakai bergantian, pastikan telah mencuci dan mengeringkan carpet sebelum di pakai lagi. Air yang di dalam kandang harus juga diganti setip hari guna menghindari bakteri yang mungkin masuk bersam kotoran ular. Sangat disarankan mencuci tangan sebelum dan sesudah memegang ular.

No comments: